4 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
4 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Untuk memenuhi kebutuhan akan
permintaan barang maupun jasa masyarakat dibutuhkan kesediaan para produsen
dalam memperoduksi berbagai barang pada tingkat harga, yang disebut sebagai
penawaran. Penawaran ini dilakukan oleh pedagang atau produsen sebagai
penghasil barang.
Produsen berusaha untuk memproduksi
berbagai jenis barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Seluruh
barang dan jasa yang dihasilkan tersebut kemudian akan ditawarkan kepada
konsumen.
Tinggi atau rendahnya jumlah
barang yang ditawarkan oleh produsen tergantung dari harga barang itu sendiri.
Jika harga barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan cenderung akan bertambah,
dan sebaliknya jika harga barang turun maka jumlah barang yang ditawarkan
cenderung akan berkurang.
Oleh karena itu bisa disimpulkan
bahwa, Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai
barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Dalam hal ini
pengertian penawaran hanyalah mencerminkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan
dan tingkatan harga.
{|CATATAN| Selain penawaran, ada yang dinamakan juga dengan permintaan, apa itu? Simak lebih lanjut dalam artikel berikut: Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan}
{|CATATAN| Selain penawaran, ada yang dinamakan juga dengan permintaan, apa itu? Simak lebih lanjut dalam artikel berikut: Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan}
Lebih lanjut terdapat faktor-faktor
yang mempengaruhi produsen dalam menentukan penawaran. Berikut 4 faktor yang mempengaruhi
penawaran, antara lain yaitu:
1) Biaya Produksi
Untuk menghasilkan suatu barang
pasti menimbulkan biaya produksi. Dan tinggi rendahnya biaya produksi yang
dikeluarkan ini nantinya akan menentukan pula harga jugal barang. Jika biaya
produksi suatu barang/jasa tinggi maka produsen akan mengurangi jumlah produksi
barang/jasa tersebut dan akibatnya penawaran akan berkurang. Dan sebaliknya
apabila biaya produksi murah maka produsen akan semakin banyak menghasilkan
barang dan otomatis penawaran akan bertambah.
2) Teknologi
Teknologi yang dipakai oleh
produsen dalam memproduksi barang akan mempengaruhi jumlah serta kualitas dari barang
hasil produksi. Semakin tinggi teknologi yang dipergunakan maka kualitas dan
jumlah barang yang dihasilkan akan bertambah dan otomatis akan berpengaruh pada
naiknya jumlah penawaran.
3) Harapan Akan Mendapatkan Laba
Harapan untuk mendapatkan
keuntungan atau laba yang banyak mendorong para produsen berlomba untuk meningkatkan
jumlah produksinya, memperluas dan mengambangkan usahanya agar bisa mendapatkan
keuntungan yang besar tersebut.
4) Faktor-Faktor Non Ekonomi
Faktor non ekonomi seperti halnya,
bencana alam, kebijakan pemerintah, larangan impor, dan sebagainya, akan sangat
berpengaruh pada penawaran yang dilakukan oleh produsen.
Lalu bagaimana hubungan antara
harga dengan jumlah barang yang ditawarkan? Seperti yang dikatakan dalam bunyi
hukum penawaran “Jika harga barang yang ditawarkan naik, maka jumlah barang
yang ditawarkan akan bertambah dan sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah
barang yang ditawarkan akan berkurang.”
Antara harga dengan penawaran ada
suatu hubungan yang lurus dimana harga berbanding lurus dengan penawaran. Lebih
jelasnya perhatikan tabel dibawah ini:
Tabel harga dan jumlah
penawaran per butir telur
Dari tabel tersebut bisa dibuat
suatu grafik yang disebut dengan kurva penawaran. Perhatikan kurva dibawah. Kurva
penawaran sendiri adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara
harga suatu barang dengan jumlah barang yang ditawarkan pada waktu tertentu dan
tempat tertentu.
{|CATATAN| Untuk menambah wawasan anda, kami sarankan anda juga membaca artikel berikut: Pengertian Pasar, Fungsi dan Macam-Macam Pasar}
Sumber referensi:
Sumber referensi:
https://www.berpendidikan.com/2015/09/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-penawaran.html
https://www.jurnal.id/id/blog/2017-pengertian-penawaran-dan-7-faktor-yang-memengaruhinya/
Posting Komentar untuk "4 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran"
Posting Komentar