Hubungan Antara Kelangkaan dengan Permintaan dan Penawaran
Hubungan Antara Kelangkaan dengan Permintaan dan Penawaran
Kelangkaan adalah persolan ekonomi
yang paling mendasar, hal ini karena keinginan manusia yang tidak terbatas
sedangkan ketersediaan sumber daya sangat terbatas. Kelangkaan terjadi karena
orang ingin mempunyai lebih banyak barang atau jasa dari pada sistem
pengelolaan sumber daya yang dikelola. Dalam hal ini penyebab kelangkaan antara
lain yaitu:
1)
Keterbatasan kemampuan produksi
barang/jasa.
2)
Pertumbuhan penduduk yang lebih
cepat dibandingkan dengan pertumbuhan barang produksi sehingga mengakibatkan
kesenjangan antara kebutuhan dengan persediaan barang dan jasa.
3)
Perbedaan letak geografis sehingga
sumber daya alam tersebar tidak merata. Terdapat daerah yang memiliki banyak
sumber daya alam (subur) sementara daerah lain kurang memiliki potensi sumber
daya alam (kurang subur). Perbedaan geografis ini akan berpengaruh pada
kekayaan sumber daya dari masing-masing daerah.
4)
Perkembangan teknologi yang tidak
sama, di beberapa negara maju perkembangan teknologi berlangsung relatif cukup
cepat sementara di negara-negara berkembang justru perkembangan teknologi cenderung
lebih lambat dibandingkan dengan perkembangan kebutuhan akan barang dan jasa.
Terbatasnya sumber daya mendorong
manusia untuk melakukan segala usaha agar kelangkaan tidak menjadi penghalang
untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Lebih lanjut dalam hal ini faktor
penyebab kelangkaaan dapat menimbulkan penawaran dan permintaan terhadap suatu
barang dan jasa.
Penawaran terhadap barang dan jasa
akan banyak terjadi pada daerah-daerah yang kelebihan hasil produksi. Kelebihan
penawaran akan menyebabkan harga barang di daerah tersebut menjadi lebih murah.
Sementara di daerah yang kekurangan sumber daya akan mengakibatkan kelebihan
permintaan sehingga harga barang dan jasa di daerah ini menjadi sangat mahal.
Untuk mengatasi kelebihan
penawaran yang terjadi di daerah yang kelebihan sumber daya dan mengatasi kekurangan
penawaran di daerah yang kurang sumber daya adalah dengan melakukan distribusi
barang dan jasa.
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan
barang dari produsen kepada konsumen baik itu secara langsung ataupun tidak
langsung. Kegiatan distribusi bisa dilakukan diantaranya yaitu melalui pasar.
Lalu apa kaitannya antara pasar dengan distribusi?
Dalam hal ini sesuai dengan
fungsinya pasar adalah tempat untuk promosi, distribusi, dan pembentukan harga.
Pasar ialah tempat terjadinya transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Kaitan
antara pasar dengan distribusi ialah pasar merupakan tempat atau sebuah lembaga
untuk mendistribusikan barang dan jasa dari podusen kepada konsumen.
{|CATATAN| Kami sarankan Anda juga membaca 2 artikel terkait berikut ini:
1) Peranan IPTEK dalam Kegiatan Ekonomi
2) Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi}
{|CATATAN| Kami sarankan Anda juga membaca 2 artikel terkait berikut ini:
1) Peranan IPTEK dalam Kegiatan Ekonomi
2) Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi}
Keterkaitan antara pasar dan
distribusi bisa kita lihat dari peranan pasar dalam mendistribusikan barang
maupun jasa. Peranan keterkaitan pasar dengan distribusi antara yaitu:
1) Mempermudah Konsumen dalam Memperoleh Barang Konsumsi
Dengan adanya pasar dan juga distribusi,
barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen bisa dinikmati oleh konsumen baik
itu melalui pasar tradisional ataupun modern.
2) Membentuk Terciptanya Harga Barang yang Stabil
Dengan adanya pasar barang-barang
bisa tersalurkan dengan baik kepada konsumen. Proses penyaluran akan membuat
harga relatif lebih stabil. Naiknya harga barang umumnya dipengaruhi oleh
langkanya barang barang yang bersangkutan. Langkanya barang yang ada di pasar
juga dipengaruhi oleh lancarnya tidaknya distribusi. Jika distribusi lancer dan
barang selalu tersedia di pasar maka harga berang tersebut relatif akan stabil.
3) Produsen Akan Mempertahankan Keuntungan dan Penjualan Produk
Keuntungan yang didapat bagi
produsen dengan adanya pasar dan distribusi ialah produsen akan mempertahankan
penjualan dengan stabil. Penjualan ini nantinya akan mempengaruhi keuntungan
yang didapatkannya.
Sementara itu bagi perekonomian
nasional peran pasar dalam pemenuhan kebutuhan antar ruang bisa dilihat antara
lain sebagai berikut:
1)
Peranan bagi produsen, produsen
bisa menawarkan hasil produksinya di pasar. Sehingga pasar dalam hal ini adalah
tempat penjualan sekaligus juga tempat promosi bagi produsen. Lewat pasar
produsen bisa mengembangkan usahanya.
2)
Peranan bagi konsumen, dalam hal
ini konsumen bisa menemukan semua kebutuhannya melalui pasar, semakin luas
pasar maka semakin mudah konsumen untuk memperoleh barang yang ia butuhkan.
3)
Peranan pasar bagi sumber daya
manusia, antara lain bisa menyerap tenaga kerja. Semakin luas pasar itu artinya
akan membuka kesempatan kerja dan itu berarti akan menyerap tenaga kerja dan dapat
mengurangi pengangguran.
4)
Peranan bagi pembangunan, karena
pasar dapat menyediakan barang dan jasa yang bermanfaat serta diperlukan dalam
pembangunan. Maka pasar akan mendorong pembangunan dari berbagai daerah. Selain
itu juga, pasar bisa menambah pendapatan daerah.
Ketersediaan sumber daya adalah
hal yang penting dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara merata dan
dengan harga yang terjangkau. Kelangkaan mendorong manusia untuk melakukan kegiatan
ekonomi dalam usahanya menyediakan barang dan jasa, lalu kemudian
mendistribusikannya kepada masyarakat demi mendapatkan peningkatan
kesejahteraan.
Sumber Referensi:
https://readyygo.blogspot.com/2000/01/hubungan-antara-kelangkaan-dengan.html
https://saranabertanya.com/hubungan-antara-kelangkaan-dengan-permintaan-dan-penawaran/
Posting Komentar untuk "Hubungan Antara Kelangkaan dengan Permintaan dan Penawaran"
Posting Komentar