6 Cara Mengatasi Kucing Kencing Sembarangan

Cara Mengatasi Kucing Kencing Sembarangan

Salah satu hal yang sangat menyebalkan ketika memelihara seekor kucing adalah ketika mereka kencing sembarangan. Terkadang tanpa mengetahui apa penyebabnya kucing peliharaan kita suka kencing sembarangan, entah itu ditembok, dikursi, meja, ataupun diperabotan lain. Tentu hal ini sangat menyebalkan dan membuat kita tidak nyaman. Oleh karena itu berikut beberapa cara mengatasi kucing yang suka kencing sembarangan.


Menyediakan Tempat Buang Air yang Nyaman

Cara mengatasi kucing suka kencing sembarangan yang pertama adalah menyediakan tempat buang air kencing yang nyaman. Ada kalanya kucing tidak menyukai tempat buang air yang sudah kita siapkan, entah itu karena terlalu kecil ataupun susah untuk dijangkau.

Oleh karena itu pastikan Anda menyiapkan tempat yang nyaman, dengan ukuran yang ideal dan mudah dijangkau oleh kucing. Dengan menyediakan tempat buang air yang nyaman diharapkan kucing tidak lagi kencing sembarangan ditempat lain.


Bersihkan Tempat Buang Air Kucing Secara Rutin

Cara mengatasi kucing suka kencing sembarangan yang ke dua adalah membersihkan tempat buang air kucing secara rutin. Kucing tidak menyukai tempat buang air yang kotor, apalagi jika tempat buang air tersebut sudah basah dan bau karena kotoran yang menumpuk. Oleh karena itu agar kucing tidak kencing sembarangan ditempat lain, pastika Anda membersihkan tempat buang air kucing secara rutin.


Periksa Kesehatan Kucing Anda

Cara mengatasi kucing suka kencing sembarangan yang ke tiga adalah dengan memeriksa kesehatan kucing Anda. Jika Anda sudah merasa menyediakan tempat buang air yang nyaman untuk kucing Anda tetapi kucing Anda tetap suka kencing sembarangan, maka tidak ada salahnya Anda memeriksa kesehatan kucing Anda. Dalam hal ini Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan karena bisa jadi kucing Anda sedang mengalami stres ataupun terkena suatu penyakit. 


Cara Mengatasi Kucing Kencing Sembarangan


Bersihkan Tempat yang Sudah Dikencingi Kucing dengan Baik

Cara mengatasi kucing suka kencing sembarangan yang ke empat adalah dengan membersihkan tempat yang sudah dikencingi kucing. Kucing memiliki kebiasaan untuk mengencingi tempat yang sudah pernah dia kencingi sebagai tanda teritorial. Dengan membersihkan tempat yang sudah dia kencingi bau yang tertinggal ditempat tersebut akan hilang sehingga kucing tidak lagi mengencingi tempat tersebut.


Mengganti Jenis Pasir

Cara mengatasi kucing suka kencing sembarangan yang ke lima adalah mengganti jenis pasir yang digunakan. Terkadang kucing bisa tidak menyukai jenis pasir yang digunakan sebagai tempat dia buang air, entah karena tekstur ataupun baunya. Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda mencoba jenis pasir lain yang mungkin akan cocok untuk kucing Anda.


Semprotkan Aroma yang Tidak Disukai Kucing

Cara mengatasi kucing suka kencing sembarangan yang ke enam adalah dengan menyemprotkan aroma yang tidak disukai kucing. Jika kucing tetap saja kencing sembarangan dibanyak tempat, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menyemprotkan aroma tertentu yang tidak disukai kucing ditempat dimana dia kencing sembarangan. Seperti misalnya aroma jeruk, kayu putih, kayu manis, dan sebagainya.


Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Kucing Kencing Sembarangan"