6 Ciri-Ciri Kucing Sudah Tua yang Harus Kamu Ketahui !

Ciri-Ciri Kucing Sudah Tua

Memelihara kucing memang kegiatan yang sangat menyenangkan, selain memiliki tampilan yang lucu kucing juga memiliki tingkah laku yang menarik, kita bisa bermain dan menghabiskan waktu bersama. Saking menyenangkannya memelihara seekor kucing Anda pasti tidak akan menyadari betapa cepatnya kucing Anda tumbuh dewasa, apalagi jika Anda sudah merawatnya dari kecil.

Kucing memang sangat berbeda dengan manusia yang mempunyai ciri atau tanda tertentu pada saat memasuki usia tua, hal ini mungkin disebabkan karena penampilan serta tingkah laku kucing yang selalu sama ketika mereka masih anak-anak, dewasa, ataupun tua. Oleh karena itu berikut ciri-ciri kucing yang sudah mulai tua.


Disorientasi (Kebingungan / Pikun)

Ciri-ciri kucing sudah tua yang pertama adalah mengalami disorientasi. Disorientasi adalah keadaan dimana kucing mengalami kebingungan dan kesulitan memahami lingkungan sekitar, entah itu benda-benda disekitarnya, pemiliknya, ataupun rumahnya sendiri. Oleh karena itulah kenapa kucing yang sudah tua biasanya sering kali menghilang karena mereka kesulitan mengingat dimana rumahnya sendiri.


Adanya Perubahan Sikap dan Interaksi

Ciri-ciri kucing sudah tua yang ke dua adalah adanya perubahan sikap dan interaksi. Kucing yang sudah mulai menua biasanya sikap dan interaksinya akan berubah. Seperti misalnya yang tadinya senang bermain dan berinteraksi dengan pemiliknya kini menjadi lebih pendiam dan hanya senang mengamati. Begitupun sebaliknya jika sebelumnya kucing senang bermain sendiri ataupun bermain dengan kucing lain, namun dimasa tuanya kucing tersebut malah jadi lebih manja dan ingin selalu berada didekat pemiliknya. Jika Anda merawat kucing Anda dari kecil Anda pasti akan menyadari perubahan sikap dan interaksi ini.


6 Ciri-Ciri Kucing Sudah Tua


Sering Mengalami Permasalahan Gigi

Ciri-ciri kucing sudah tua yang ke tiga adalah sering mengalami permasalahan gigi. Sama seperti manusia yang sudah tua yang sering mengalami masalah gigi seperti gigi berlubang, keropos ataupun ompong, kucing yang sudah tua juga mengalami hal yang sama. Mereka terkadang juga akan kehilangan beberapa giginya entah itu karena keropos ataupun tidak kuat lagi memakan makanan keras. Oleh karena itu jika Anda memiliki kucing yang sudah tua ada baiknya Anda rutin merawat kesehatan gigi kucing Anda dan memberi mereka makanan yang mudah dicerna.


Terjadi Penurunan Kemampuan Fisik

Ciri-ciri kucing sudah tua yang ke empat adalah terjadinya penurunan kemampuan fisik. Kucing yang sudah tua hampir semuanya pasti mengalami penurunan kemampuan fisik, entah itu kemampuan melihat, mendengar, bergerak, berlari, ataupun melompat. Bahkan pada situasi yang lebih parah kucing mungkin akan kehilangan kemampuan berjalan. Oleh karena itu kucing yang sudah tua biasanya akan menghabiskan waktunya hanya dengan berdiam diri.


Gangguan Tidur

Ciri-ciri kucing sudah tua yang ke lima adalah mengalami gangguan pola tidur. Kucing yang sudah tua biasanya akan mengalami gangguan pola tidur, entah itu kucing menjadi lebih banyak tidur ataupun sebaliknya. Hal ini karena sudah menurunnya fungsi organ tubuh kucing akibat penuaan ataupun adanya suatu penyakit tertentu yang biasa diderita oleh kucing tua. Oleh karena itu ada baiknya Anda memberikan perhatian lebih dan tidak banyak mengganggu waktu istirahat kucing.


Tidak Peduli Kebersihan

Ciri-ciri kucing sudah tua yang ke enam adalah tidak peduli kebersihan. Kucing yang sudah tua biasanya lebih malas untuk membersihkan diri. Hal ini mungkin karena mereka tidak memiliki energi yang cukup dan terjadinya penurunan kemampuan untuk membersihkan diri, seperti kesulitan untuk menekuk tubuhnya dan lain sebagainya.

Oleh karena itu jika Anda memiliki kucing yang sudah tua ada baiknya Anda rajin untuk merawat kebersihan kucing Anda, seperti kebersihan tubuh, mata, telinga, kaki dan sebagainya agar kucing tetap sehat dan terhindar dari barbagai penyakit.


Posting Komentar untuk "6 Ciri-Ciri Kucing Sudah Tua yang Harus Kamu Ketahui !"