8 Alasan Kenapa Kucing Pergi Dari Rumah, Jaga Kucing Anda !

Alasan Kucing Pergi Dari Rumah

Jika Anda memelihara seekor kucing Anda pasti akan sangat khawatir dan takut jika suatu saat kucing Anda kabur atau pergi dari rumah, namun situsi seperti ini bisa saja terjadi pada kucing siapapun termasuk juga kucing Anda.

Kucing sebenarnya bukan tipe hewan yang akan pergi dari rumah tanpa alasan tertentu, oleh karena itu Anda sebagai pemilik kucing ada baiknya mengetahui apa saja alasan yang menyebabkan kucing bisa pergi dari rumah, agar kejadian seperti ini tidak menimpa kucing Anda. Oleh karena itu dalam artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa alasan kenapa kucing pergi dari rumah, jadi simak artikel ini sampai selesai.


Tidak Dirawat Dengan Baik

Alasan kenapa kucing pergi dari rumah yang pertama adalah karena mereka tidak tidak dirawat dengan baik. Kucing bukanlah hewan yang membutuhkan perawatan yang sulit, meskipun hanya diberikan makanan dan minum yang cukup, mereka akan bertahan hidup dengan baik. Namun karena hal ini banyak orang terutama para pemilik kucing jadi meremehkan pentingnya merawat kucing peliharaannnya.

Padahal dengan merawat kucingnya dengan baik, kucing tersebut akan merasa dicintai dan diperhatikan sehingga akan menumbuhkan ikatan antara pemilik dan kucing peliharaaannya. Maka jangan heran jika kucing yang tidak dirawat dengan baik biasanya mereka akan pergi dari rumah dan mencari tempat baru yang dapat memberikan rasa nyaman untuk mereka.


Kucing Ingin Berburu

Alasan kucing pergi dari rumah yang ke dua adalah ingian berburu. Meskipun kucing peliharaan sekarang ini bukanlah kucing liar yang harus berburu untuk mendapatkan makanan, namun tetap saja mereka memiliki insting pemburu dalam dirinya. Oleh karena itu mereka sering terlihat beburu ciciak, burung, tikus, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa kasus dimana kucing akan pergi dari rumah hanya untuk berburu mangsa.

Kucing perliharaan kebanyakan biasanya tidak memakan hasil buruannya, mereka cenderung hanya ingin bermain-main ataupun memberikan hasil buruannya kepada pemiliknya sebagai hadiah dan tanda terima kasih karena telah merawatnya dengan baik.


Kucing Mencari Pasangan

Alasan kucing pergi dari rumah yang ke tiga adalah karena mereka ingin mencari pasangan. Setiap makhluk hidup termasuk dalam dalam hal ini seekor kucing pasti memiliki insting untuk mencari pasangan dan berkembang biak, terutama kucing yang sudah dewasa.

Mereka akan berusaha mencari pasangan kemanapun pasangannya berada, apalagi jika pemilik kucing tidak melakukan sterilisasi dan tidak menyediakan kucing pasangannya. Oleh karena itu jangan heran jika seekor kucing bisa pergi dari rumah selama barhari-hari bahkan berminggu-minggu hanya untuk mencari pasangannya.


Kucing Sakit

Alasan kucing pergi dari rumah yang ke empat adalah karena mereka sakit. Kucing yang sedang sakit biasanya membutuhkan tampat yang nyaman dan tenang jauh dari gangguan manusia taupun hewan lain agar mereka bisa beristirahat dengan tenang.

Jika kucing tersebut berada ditempat yang kurang nyaman, entah itu berisik, banyak gangguan dan sebagainya maka kemungkinan besar kucing tersebut akan pergi dari rumah dan mencari tempat yang lebih tanang.


8 Alasan Kenapa Kucing Pergi Dari Rumah


Ada Persaingan Dengan Kucing Lain

Alasan kucing pergi dari rumah yang ke lima adalah karena adanya persaingan dengan kucing lain. Kucing merupakan hewan teritorial, mereka biasanya memiliki wilayah yang menjadi kekuasaannya dan wilayah tersebut tidak boleh dimasuki oleh kucing lain.

Jika ada kucing lain yang memasuki wilayahnya maka kucing tersebut akan marah dan berebut kekuasaan dengan kucing tersebut, biasanya kucing yang kalah harus pergi atau mengakui keunggulan kucing yang menjadi pemenang. Oleh karena itu jika ada kucing baru di rumah dan terjadi perebutan wilayah dan kekuasaan maka kucing yang kalah biasanya akan pergi dari rumah dan mencari tempat lain.


Terjebak Disuatu Tempat

Alasan kucing pergi dari rumah yang ke enam adalah karena mereka terjebak disuatu tempat. Kucing memang memiliki kebiasaan mengeksplor lingkungan sekitarnya, entah itu karena ingin berburu, mencari pasangannya, ataupun menandai wilayahnya.

Namun terkadang kucing yang sedang mengeksplor lingkungannya bisa jadi mengalami suatu masalah seperti misalnya ditangkap orang lain ataupun terjebak disuatu tempat dan tidak bisa membebaskan diri.

Oleh karena itu Anda sebagai pemilik kucing ada baiknya mengetahui tempat mana saja yang biasa dikunjungi oleh kucing Anda agar jika kejadian ini menimpa kucing Anda, Anda dapat dengan mudah menemukan kucing Anda.


Menemukan Majikan Lain

Alasan kucing pergi dari rumah yang ke tujuh adalah karena mereka menemukan majikan lain. Jika kucing Anda sering pergi dari rumah, entah itu untuk sementara ataupun dia tidak pernah kembali, boleh jadi kucing tersebut sudah menemukan majikan yang lain.

Kucing tidak sama dengan anjing yang hanya setia pada satu majikan. Kucing adalah tipe hewan yang akan mencari tempat atau majikan baru jika majikan yang lama tidak bisa memberikan makanan ataupun perhatian yang mereka butuhkan. Kucing lebih senang berada ditempat dimana kebutuhannya dapat terpenuhi. Oleh karena itu jangan heran jika kucing yang tidak dirawat dengan baik akan pergi dari rumah untuk menemukan majikan yang lain.


Kucing Akan Mati

Alasan kucing pergi dari rumah yang ke delapan adalah karena mungkin kucing tersebut akan mati. Kucing memiliki kebiasaan untuk pergi ke tempat yang sepi ketika mereka akan mati. Oleh karena itu kita jarang sekali menemukan bangkai kucing ditempat-tempat yang mudah ditemukan.

Jika kucing Anda terutama yang sedang sakit ataupun yang sudah tua tiba-tiba menghilang atau pergi dari rumah maka bisa jadi kucing tersebut sudah mengetahui bahwa umurnya tidak lama lagi. Oleh karena itu mereka berusaha untuk pergi dan mencari tempat-tempat tersembunyi agar mereka bisa mati dengan tenang dan tidak merepotkan majikan yang dicintainya.


Posting Komentar untuk "8 Alasan Kenapa Kucing Pergi Dari Rumah, Jaga Kucing Anda !"