12 Kesalahan dalam Memelihara Kucing yang Harus Dihindari

Kesalahan dalam Memelihara Kucing

Memelihara kucing merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain memiliki tampilan yang lucu kucing juga memiliki tingkah laku yang menarik, sehingga kita sebagai pemilik akan merasa terhibur dan terhindar dari rasa stres dan kesepian. Maka tak heran jika saat ini banyak sekali orang yang memelihara hewan lucu satu ini.

Namun meskipun banyak sekali orang yang memelihara kucing terkadang karena tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup mereka sering melakukan kesalahan dalam memelihara kucing yang berakibat buruk pada kesehatan dan kelangsungan hidup kucing itu sendiri. Oleh karena itu berikut beberapa kesalahan dalam memelihara kucing yang harus dihindari.


Tidak Melakukan Vaksin

Vaksin merupakan langkah awal yang harus dilakukan ketika ingin memelihara seekor kucing. Hal ini karena vaksin akan membantu mencegah resiko berbagai penyakit mematikan yang mungkin bisa diderita oleh kucing tersebut.

Vaksin akan membantu meningkatkan antibodi kucing sehingga ketika ada virus atau bakteri mematikan yang menyerang tubuh kucing, tubuh kucing akan mampu bertahan dan terhindar dari resiko kematian. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk melakukan vaksin pada kucing Anda sebelum memeliharanya lebih lama.


Tidak Memperhatikan Makanan dan Nutrisi Kucing

Semua makhluk hidup pasti membutuhkan makanan dan nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh dan hidup dengan sehat, termasuk dalam hal ini bagi seekor kucing. Anda mungkin bisa mengabaikan perawatan lainnya tetapi tidak dengan hal ini.

Makanan dan nutrisi yang cukup merupakan salah satu kunci paling penting dalam memelihara seekor kucing. Tanpa makanan dan nutrisi yang cukup kucing tidak akan tumbuh dengan baik dan akan mudah terserang berbagai penyakit yang mungkin bisa membahayakan hidup kucing itu sendiri. Oleh karena itu penting bagi kita sebagai pemilik kucing untuk selalu memberikan makanan dan nutrisi yang cukup untuk kucing kita.


Memberikan Makanan Manusia yang Membahayakan Kucing

Kucing memang suka memakan apapun yang membuat meraka penasaran, mereka juga terkadang akan berebut makanan dengan pemiliknya, entah itu nasi, kue, coklat dan sebagainya. Kita sebagai pemilikpun terkadang menyerah dan membiarkan kucing tersebut mencoba makanan yang kita makan.

Tindakan seperti ini mungkin bagi sebagian orang merupakan salah satu kebaikan, namun sebenarnya tindakan seperti ini sangat beresiko membahayakan nyawa kucing itu sendiri, apalagi jika makanan yang diberikan ternyata sangat berbahaya bagi kucing.

Dalam hal ini harus Anda sadari bahwa ada beberapa makanan manusia yang sebenarnya sangat membahayakan bagi kucing, seperti misalnya makanan yang mengandung coklat, kopi, dan bawang-bawangan. Oleh karena itu ada baiknya kita sebagai pemilik kucing tidak memberikan makanan-makanan manusia yang memang sangat berbahaya bagi kucing.


Jarang Membersihkan Kandang Kucing

Kandang atau tempat memelihara kucing merupakan tempat yang sering ditempati kucing dalam waktu yang lama, entah itu untuk makan, minum, membuang kotoran, dan beristirahat. Oleh karena itu kebersihan kandang kucing merupakan salah satu hal wajib yang harus dipenuhi agar kucing tidak mudah terserang penyakit.

Dalam hal ini Anda bisa membersihkan kandang kucing setiap hari atau pada waktu-waktu tertentu ketika kandang kucing mulai terlihat kotor, mulai dari tempat makan, tempat minum, tempat tidur, sampai dengan tempat buang kotoran kucing. Khusus untuk tempat bung kotoran kucing Anda harus rajin membersihkannya karena tempat ini bisa jadi sumber penyakit bagi kucing jika kebersihannya tidak dijaga dengan baik.


Tidak Memberikan Obat Cacing Secara Rutin

Kucing sering kali terserang berbagai parasit, salah satunya adalah cacing. Ketika kucing menderita cacingan tubuh mereka biasanya akan mengalami penurunan berat badan, hal ini karena kucing tidak bisa mencerna nutrisi dari makanan dengan baik karena adanya cacing dalam tubuhnya.

Oleh karena itu penting bagi kita sebagai pemilik kucing bisa memberikan obat cacing secara rutin dari mulai mereka kecil hingga dewasa, agar kucing kita terhindar dari penyakit cacingan sehingga mereka bisa tumbuh dengan sehat dan memiliki berat tubuh yang ideal.


12 Kesalahan dalam Memelihara Kucing yang Harus Dihindari


Jarang Memandikan Kucing

Kucing memang suka membersihkan dirinya sendiri dan tampak membenci air, namun meskipun begitu kucing tidak bisa membersihkan dirinya dengan sempurna, oleh karena itu kita sebagai pemilik kucing tetap harus memandikannya secara rutin agar mereka tetap bersih dan sehat.

Ketika kita jarang memandikan kucing, selain kucing tersebut akan terlihat kotor dan bau, juga akan mudah sekali terserang penyakit. Hal ini karena bakteri dan virus akan menempel pada tubuh kucing yang kotor dan menyebabkan bakteri dan virus tersebut gampang masuk dalam tubuh kucing. Hal ini pada akhirnya akan merugikan kita sendiri sebagai pemilik kucing.


Jarang Merawat Bulu Kucing

Bulu kucing merupakan salah satu daya tarik utama dari seekor kucing. Bulu kucing ini dapat mencerminkan kesehatan kucing itu sendiri. Kucing yang sehat biasanya akan memiliki bulu yang rapi dan tidak mudah rontok, sementara kucing yang kurang sehat biasanya akan terlihat berantakan dan mudah sekali rontok.

Merawat bulu kucing merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap pemilik kucing. Selain akan membuat tampilan kucing menjadi lebih menarik, merawat bulu kucing juga akan membantu kucing terhindar dari kebotakan dan ganguan pencernaan kucing akibat hairball.


Tidak Menjaga Kebersihan Gigi Kucing

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi semua makhluk hidup termasuk dalam hal ini kucing. Gigi berfungsi untuk melembutkan makanan sehingga makanan yang masuk ke dalam pencernaan kucing bisa dicerna dengan baik. Namun fungsi gigi akan berjalan dengan baik apabila gigi tersebut kuat dan sehat. Oleh karenanya penting bagi kita untuk merawat gigi kucing secara rutin agar tetap sehat dan kuat.

Salah satu perawatan gigi kucing yang bisa kita lakukan sebagai pemilik kucing adalah dengan rajin membersihkan gigi kucing itu sendiri. Dengan rutin membersihkan, gigi kucing akan tetap sehat dan tehindar dari gigi keropos ataupun mudah lepas. Ketika gigi kucing keropos kucing akan sulit untuk mencerna makanan yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kesehatan kucing secara menyeluruh.


Membiarkan Kucing Kegemukan

Kita sebagai pemilik kucing terkadang teralu memanjakan kucing kita sendiri sehingga kita ingin selalu memberikan makanan pada mereka kapanpun dan dimanapun. Hal ini tentu bukanlah sebuah kesalahan jika kita tetap memperhatikan berat badan ideal kucing kita. Namun yang manjadi masalah adalah ketika kita dengan sadar teralu banyak memberikan makanan pada kucing kita tanpa memperhatikan berat badannya sehingga kucing mengalami kegemukan.

Kucing yang gemuk mungkin akan terlihat lucu dan menggemaskan, namun harus kita sadari bahwa kucing yang mengalami kegemukan akan gampang sekali terkena berbagai penyakit. Oleh karena itu demi menjaga kelangsungan hidup kucing itu sendiri alangkah baiknya kita selalu memperhatikan berat badan ideal kucing kita agar tidak mengalami kegemukan.


Mengurung Kucing dalam Waktu yang Lama

Kucing merupakan hewan yang senang bermain dan berpetualang, mereka suka sekali mengeksplor lingkungannya dan selalu penasaran dengan berbagai hal. Oleh karena itu adalah sebuah kesalahan apabila kita mengurung mereka dalam kandang apalagi dalam waktu yang lama.

Kucing yang dikurung dalam waktu yang lama biasanya akan mengalami stres berat yang jika dibiarkan terus menerus akan berakibat pada kesehatan kucing itu sendiri. Oleh karena itu lebih baik jika kucing dibiarkan bebas berkeliaran kemanapun dia mau. Ataupun jika kita terpaksa mengurungnya, jangan sampai kita mengurungnya lebih dari 24 jam karena jika lebih dari itu kucing mungkin akan mengalami stres.


Jarang Diajak Main

Sama seperti manusia kucing juga bisa merasa bosan, apalagi jika kucing tersebut terus menerus dikurung atau dibiarkan seorang diri tanpa teman dan mainan. Jika hal ini terus menerus dibiarkan maka bisa saja kucing tersebut akan mengalami stres dan berpengaruh pada kesehatannya secara keseluruhan.

Oleh karena itu sempatkanlah Anda sebagai pemilik kucing untuk bermain bersama mereka walaupun hanya beberapa jam perhari. Hal ini akan membuat mereka merasa senang dan akan menumbuhkan ikatan antara kucing dan Anda sebagai pemiliknya.


Melakukan Kekerasan Pada Kucing

Kucing tidak memiliki kecerdasan seperti manusia, mereka bisa melakukan kesalahan baik itu disengaja ataupun tidak disengaja, seperti misalnya memcahkan perabotan, menghancurkan tanaman, dan sebagainya, pasti hal ini terkadang membuat kita sebagai pemiliknya merasa jengkel dan tanpa sadar melakukan kekerasan pada kucing tersebut, entah itu memukul, menendang dan sebagainya.

Namun taukah Anda bahwa tindakan kekerasan pada kucing dapat membuat kucing kita merasa trauma. Mereka mungkin akan mengingat kekerasan yang mereka alami dan takut pada kita. Jika kucing sudah mengalami trauma, mereka mungkin akan menghindari kita, tidak ceria, dan hanya berdiam diri. Jika sudah seperti ini akan sangat sulit untuk membuatnya kembali seperti semula.


Posting Komentar untuk "12 Kesalahan dalam Memelihara Kucing yang Harus Dihindari"