Kenali 9 Ciri-Ciri Kucing Akan Mati Dalam Waktu Dekat

Ciri-Ciri Kucing yang Akan Mati

Memiliki seekor kucing merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan terutama bagi mereka yang memang sangat menyukai kucing. Maka tak heran jika para pemilik kucing rela melakukan apapun agar kucing peliharaannya bisa tetap sehat dan panjang umur.

Namun meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin agar kucing tetap sehat dan panjang umur tetapi kucing tetaplah makhluk hidup yang suatu saat pasti akan mengalami kematian. Dalam hal ini agar kita sebagai pemilik dapat mempersiapkan diri ketika hal itu terjadi maka alangkah baiknya jika kita mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri ketika kucing akan segera mati. Oleh karena itu berikut beberapa ciri-ciri kucing yang akan mati.


Kehilangan Nafsu Makan

Ciri kucing akan mati yang pertama adalah kehilangan nafsu makan. Salah satu tanda yang biasa terjadi ketika kucing akan mati adalah kehilangan nafsu makannya, hal ini biasanya terjadi dalam kurun waktu yang lama. Penyebabnya adalah karena kucing tersebut secara sadar sudah mengetahui bahwa tubuh mereka tidak mampu lagi mencerna makanan dengan baik, oleh karena itu mereka lebih memilih beristirahat daripada mencerna makanan.

Namun neskipun begitu kehilangan nafsu makan bukan serta-merta adalah ciri utama dari kucing yang akan mati, bisa saja kehilangan nafsu makan tersebut mengindikasikan adanya suatu penyakit yang diderita oleh kucing tersebut. Oleh karena itu pastikan Anda sudah memeriksakan kesehatan kucing Anda ke dokter hewan terlebih dahulu sebelum menarik kesimpulan.


Berat Badan Turun

Ciri kucing akan mati yang ke dua adalah kehilangan berat badan. Karena sudah kehilangan nafsu makan kucing yang akan mati juga akan kehilangan berat badannya. Mereka biasanya akan kehilangan berat badan secara derastis. Selain karena tidak adanya asupan makanan hal ini juga terjadi karena adanya penyusutan otot-otot kucing sehingga otomatis berat badan kucing akan turun secara derastis. Hal ini selain membuat kucing lebih rentan, juga membuat kucing tampak mengkhawatirkan.


Pola Prilaku Berubah

Ciri kucing akan mati yang ke tiga adalah adanya perubahan prilaku. Seperti normalnya setiap makhluk hidup yang akan mengalami perubahan prilaku ketika mengalami keadaan yang tidak baik-baik saja, seekor kucing juga mengalami hal yang sama, apalagi ketika mereka tau bahwa waktu mereka tidak akan lama lagi.

Kucing yang akan mati biasanya perilakunya akan berubah secara derasti, seperti misalnya yang tadinya senang bermain, berprilaku manja, ataupun senang berburu, kini hanya diam menyendiri. Selain mungkin karena faktor pisikologis, faktor kondisi tubuh yang menurun juga bisa menjadi alasan perubahan prilaku ini.


9 Ciri Ciri Kucing Akan Mati Dalam Waktu Dekat


Suka Menyendiri dan Bersembunyi

Ciri kucing akan mati yang ke empat adalah suka menyendiri dan bersembunyi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kucing yang akan mati biasanya suka menyendiri dan bersembunyi. Hal ini mungkin karena kucing ingin berada ditempat yang nyaman dan bisa menghembuskan nafas terakhirnya dengan tenang.

Selain itu mereka mungkin tidak ingin merepotkan dan membuat pemiliknya sedih atas kematian mereka. Oleh karena itulah kenapa kita sangat sulit sekali menemukan bangkai kucing liar ditempat-tempat yang mudah ditemukan. Mereka selalu berada ditempat-tempat tersembunyi, seperti misalnya didalam saluran air, didalam tumpukan kayu, ataupun disemak-semak hutan.


Bulu Berantakan dan Tidak Terawat

Ciri kucing akan mati yang ke lima adalah bulu berantakan dan tidak terawat. Kucing merupakan hewan yang memiliki kebersihan yang baik, mereka memiliki kebiasaan untuk membersihkan tubuh dengan menjilatinya, bahkan kucing hampir menggunakan setengah aktivitasnya untuk membersihkan diri.

Namun ketika keadaan kucing memburuk entah itu sedang stres, sakit, ataupun sudah mendekati ajalnya biasanya kucing menjadi tidak banyak merawat dirinya. Entah itu karena tidak memiliki keinginan atau karena mereka tidak memiliki tenaga untuk melakukannya. Oleh karena itu biasanya bulu mereka akan terlihat berantakan dan tidak terawat.


Mengeluarkan Aroma Tidak Sedap

Ciri kucing akan mati yang ke enam adalah mereka mengeluarkan aroma tidak sedap. Kucing yang akan mati biasanya sering mengeluarkan aroma tidak sedap, selain karena tidak merawat diri hal ini terjadi karena organ tubuh kucing mulai mengalami kerusakan.

Ketika organ tubuh kucing mengalami kerusakan, racun dan bakteri dalam tubuh kucing akan menumpuk sehingga hal ini menimbulkan bau yang tidak sedap. Biasanya bau yang tidak sedap ini akan tercium dari mutut ataupun tubuhnya. Ada yang berbau busuk, bau pesing, maupun bau amis.


Detak Jantung Melemah

Ciri kucing akan mati yang ke tujuh adalah melemahnya detak jantung kucing. Kucing yang sehat biasanya memiliki detak jantung rata-rata 140 – 220 detak jantung permenit. Namun menjelang ajalnya detak jantung kucing akan menurun derastis, kecuali jika kucing tersebut mengalami gagal jantung.

Ketika detak jantung kucing menurun secara derastis, seluruh organ tubuhnya akan mulai rusak karena tidak mendapatkan aliran darah dan oksigen yang cukup. Kondisi seperti ini akhirnya membuat kucing tidak lagi bisa bertahan dan akhirnya berakhir dengan kematian.


Pola Bernafas Kucing Berubah

Ciri kucing akan mati yang ke delapan adalah pola bernafasnya berubah. Kucing yang sehat normalnya akan bernafas rata-rata sebanyak 20-30 kali per menit melalui hidung tanpa suara. Namun kucing yang akan mati biasanya pola nafasnya akan berubah, entah itu menjadi lebih cepat atau lambat, bernafas dengan mulut, bersuara, dan terasa berat. Oleh karena itu Anda perlu waspada jika kucing Anda mengalami perubahan pola nafas seperti ini.


Lemah dan Kesulitan Bergerak

Ciri kucing akan mati yang ke sembilan adalah lemah dan kesulitan bergerak. Ketika menjelang akhir umurnya, kucing kemungkinan besar akan lemah dan kesulitan bergerak. Hal ini karena kucing kehilangan banyak energi akibat tidak memiliki asupan nutrisi dan rusaknya organ tubuh kucing akibat penyakit dan umur yang sudah tua. Oleh karena itu Anda patut waspada ketika kucing Anda terlihat lemah dan kesulitan bergerak, karena boleh jadi umur kucing Anda mungkin akan segera berakhir.


Posting Komentar untuk "Kenali 9 Ciri-Ciri Kucing Akan Mati Dalam Waktu Dekat "